Rabu, 22 Desember 2010

Bahaya Aluminium dalam Kehidupan Manusia

Ada yang tau ga Aluminium itu apa?? Pasti sudah ada yang tau. Ya.. bener.. (anggep aja ada yang jawab, haha), Aluminium adalah salah satu unsur yang ada di dalam golongan IIIA periode 3 dalam tabel periodik. Agar lebih mudahnya Aluminium diberi lambang Al dan memiliki nomor atom 13. Aluminium merupakan unsur logam yang paling berlimpah.
Aluminium bukan merupakan jenis logam berat, namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan, antasida, buffered aspirin, astringents, semprotan hidung, antiperspirant, air minum, knalpot mobil, asap tembakau, penggunaan aluminium foil, peralatan masak, kaleng, keramik, dan kembang api.
Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Terang dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas. Dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Tahan korosi.
Aluminium digunakan dalam banyak hal. Kebanyakan darinya digunakan dalam kabel bertegangan tinggi. Juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang. Ditemukan di rumah sebagai panci, botol minuman ringan, tutup botol susu dsb. Aluminium juga digunakan untuk melapisi lampu mobil dan compact disks.
Aluminium berfungsi sebagai :
1. Menetralkan asam lambung. Dalam hal ini aluminium digunakan sebagai obat magh dengan senyawa AlOH.
2. Zat anti kringat. Aluminium dapat mengkoagulasi protein. Biasanya digunakan dalam deodoran yang sering kita gunakan. Aluminium yang digunakan dalam senyawa Aluminium Chlorohidrate.
3. Zat anti racun
Nah...itu hanya informasi Aluminium secara umum. Tahu kah anda, bahwa aluminium secara berlebihan dapat menyebabkan otak menjadi sedikit terganggu alias mereng??


Dalam penerapannya, Aluminium banyak digunakan sebagai kaleng tempat makanan atau minuman. Tahu  kah anda bahwa Aluminium yang digunakan sebagai kaleng juga sangat berbahaya??
Dan tahu kah anda bahwa deodoran anda mengandung Aluminium yang juga sangat berbahaya??
Ada beberapa bahaya keracunan aluminium, seperti menjadi beracun dan mulai mengganggu pola tidur, gugup penyebab, dan juga membawa pada ketidakstabilan emosional. Memainkan malapetaka dengan sistem saraf. Hal ini juga membawa pada kehilangan memori, sering sakit kepala dan kecerdasan mengganggu. Selain itu, juga mengganggu sistem pencernaan dan menghentikan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium, kalium, dan fluoride. Tulang alami menjadi lemah karena ini dan juga mulai masalah Pidato dan deformasi. Anemia juga menjadi masalah koheren dengan toksisitas aluminium.  http://www.scumdoctor.com/Indonesian/first-aid/poisoning/Aluminum-Foil-Poisoning.html
Naahh...Dalam kaleng minuman,bahan yang digunakan adalah aluminium. Dalam minuman berkaleng sering dan banyak adalah merupakan minuman bersoda dan tidak menutup kemungkinan minuman tersebut adalah bersifat asam. Dalam penelitian yang sudah di lakukan dalam praktikum yang kami dapatkan menyatakan bahwa aluminium dapat larut dalam larutan asam. Hal ini menyebabkan aluminium akan menjadi ion-ion nya. Jika aluminium dikonsumsi dalam bentuk ion, efeknya akan berbahaya. Efek yang terjadi seperti sering marah-marah, bahkan parahnya akan terjadi gangguan pada otak (kata dosen sih gto, hehe).
Kemudian deodoran yang anda sering pakai adalah mengandung Aluminium Chlorohidrate yang berfungsi sebagai anti keringat yang dapat mengkoagulasi protein. Senyawa ini juga sangat berbahaya, dapat menyebabkan kanker payudara yang sering terjadi pada wanita. Maka dari itu sebisa mungkin hindari penggunaan deodoran pada saat ketiak sedang terluka.
Di dalam sebuah artikel yang saia temukan, menyatakan bahwa hanya beberapa bagian dari tubuh kita yang dapat mengeleminasi zat-zat racun, yaitu bagian belakang lutut, belakang kuping, diantara kaki dan ketiak. Zat-zat racun ini dikeluarkan dalam bentuk keringat.
Produk-produk anti-keringat mencegah keringat keluar. Dengan menggunakan deodorant anti-keringat, zat-zat racun tadi tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, melainkan tertumpuk di kelenjar getah bening dibawah lengan. Asal kanker payudara kebanyakan ditemukan di area bagian atas payudara. Laki-laki tidak sepeka wanita terhadap type penyakit ini. Meskipun laki-laki menggunakan produk-produk anti-keringat, bahan-bahan produk ini biasanya tinggal melekat dipermukaan ketiak dan tidak langsung masuk kedalam kulit. Kaum wanita yang setelah mencukur rambut ketiak langsung menggunakan produk anti-keringat lebih banyak resikonya, karena lewat luka-luka kecil yg mungkin terjadi akibat mencukur rambut ketiak tsb. bahan-bahan kimia yang ada dalam produk anti-keringat bisa lebih cepat masuk kedalam tubuh. http://sitimardiyah.multiply.com/reviews/item/3


Masih banyak lagi bahaya Aluminium bagi kehidupan manusia. Karena aluminium juga sangat bermanfaat bagi manusia, maka tidak mungkin sepenuhnya akan membuangnya jauh-jauh (gaya ja bahasa ku haha). Begitu lah kimia. Semakin dipelajari, semakin banyak tahu, semakin menyeramkan. masih banyak hal yang ingin aku bagi kan kepada kawan-kawan blogger semua. bukannya saia sok tau atau apa pun itu, tapi inilah yang saia pelajari dari dosen-dosen saia ^^

8 komentar:

chikarei mengatakan...

wehh bahaya yahh
mesti hati2 nihhh

Gaphe mengatakan...

aluminium kan tergolong logam berat.. kalo masuk dalam larutan dan berbentuk ion, apalagi masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi emang berbahaya banget

Gaphe mengatakan...

aluminium kan tergolong logam berat.. kalo masuk dalam larutan dan berbentuk ion, apalagi masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi emang berbahaya banget

little foot mengatakan...

calon sarjana kimia angkat bicara oiii.. :D

cherry mengatakan...

hahahha.....
begitu kata dosen..

TUKANG CoLoNG mengatakan...

salin mekejang tiap ceramah dosenne di kelas ka..kwkwkwk

cherry mengatakan...

wkakakakak...
maonya gto kak,,
ilang catetane mekejang poukz,,

Agen Ace Maxs mengatakan...

teriamakasih banyak... ternyata ada dampak burknya ya...

Posting Komentar

jangan lupa komen euy ^^